CONTOH SOAL LOMBA GURU BERPRESTASI
Paket 1
Jawablah pertanyaan di bawah ini
dengan jelas dan lengkap !
1. Sebutkan 5 landasan
dikembangkannya Kurikulun Tingkat Satuan Pendidikan !
2. Sesuai dengan
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 18 tahun 2007 tentang Sertifikasi
Guru dalam Jabatan, portofolio terdiri dari 10 komponen. Sebutkan 5 komponen
portofolio yang saudara ingat !
3. Guru yang inovatif diharapkan
mampu mengadakan penelitian tindakan kelas (PTK).
a. Apa pengertian
dari PTK ?
b. Sebutkan 5
karakteristik PTK !
4. Untuk menjamin
mutu pendidikan nasional, ditetapkan standar nasional pendidikan. Sebutkan
lingkup standar nasional pendidikan !
5. Pembaharuan system
pendidikan nasional dilakukan untuk memperbaharui visi, misi dan strategi pembangunan
pendidikan nasional. Jelaskan visi pendidikan nasional menurut UU nomor 20
tahun 2003 !
6. Salah satu
strategi pendidikan nasional adalah peningkatan profesionalisme pendidik dan
tenaga ke pendidikan. Sebutkan dan jelaskan kompetensi yang harus dimiliki
seorang guru dalam rangka me ningkatkan profesionalisme guru !
7. Menurut Ausubel,
ada 4 strategi agar belajar menjadi bermakna, yaitu advance organizer,
progressive differentiation, integrative reconciliation and consolidation.
Jelaskan pengertian tersebut !
8. Kode etik guru merupakan pegangan professional para
guru. Sebutkan 3 butir kode etik guru yang kamu ingat !
9. Profesionalisme merupakan sikap mental yang
senantiasa mendorong dirinya untuk mewujudkan diri sebagai guru professional.
Sebutkan 5 prinsip professional menurut UU nomor 14 tahun 2005 yang saudara
ingat !
10. Pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di
kelas 1,2 dan 3 menerapkan pembelajaran tematik. Sebutkan 5 ciri pembelajaran
tematik !
Kunci Jawaban :
No
|
Jawaban
|
1.
|
Landasan dalam pengembangan
KTSP :
a. Undang-Undang nomor 20 tahun
2003 tentang Sisdiknas
b. PP nomor 19 tahun 2005 tentang
Standar Nasional Pendidikan
c. Permendiknas nomor 22 tahun
2006 tentang Standar Isi
d. Permendiknas nomor 23 tahun
2006 tentang Standar Kompetensi Kelulusan
e. Permendiknas nomor 24 tahun
2006 tentang pelaksanaan Permen 23 tahun 2006
|
2.
|
Komponen portofolio sertifikasi
guru dalam jabatan
a. Kualifikasi akademik
b. Pendidikan dan pelatihan
c. Pengalaman mengajar
d. Perencanaan dan pelaksanaan
pembelajaran
e. Penilaian dari atasan dan
pengawas
f. Prestasi akademik
g. Karya pengembangan profesi
h. Keikutsertaan dalam forum
ilmiah
i. Pengalaman organisasi
j. Penghargaan yang relevan
|
3.
|
a. PTK adalah penelitian oleh guru
untuk memecahkan masalah yang dihadapi dalam
melaksanakan tugas
pokoknya yaitu melaksanakan KBM
b.Karakteristik PTK :
1). obyek penelitian
dari dunia peneliti sendiri
2). memecahkan
masalah guna meningkatkan kualitas
3). menggunakan data
yang beragam
4).
langkah-langkahnya merupakan siklus
5). mengutamakan
kerja kelompok
|
4.
|
Lingkup Standar Nasional
Pendidikan
a. Standar Isi
b. Standar Proses
c. Standar Kompetensi Kelulusan
d. Standar Pendidik dan Tenaga
Kependidikan
e. Standar Sarana dan Prasarana
f. Standar Pengelolaan
g. Standar Pembiayaan
h. Standar Penilaian Pendidikan
|
5.
|
Visi pendidikan nasional adalah
terwujudnya system pendidikan sebagai pranata sosi al yang kuat dan berwibawa
untuk memberdayakan semua warga Negara Indonesia berkembang menjadi manusia
yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menja wab tantangan jaman yang
selalu berubah
|
6.
|
a.Kompetensi Pedagogik
Kemampuan mengelola
pembelajaran peserta didik
b.Kompetensi Kepribadian
Berkepribadian
mantap, stabil, dewasa, arif, wibawa, akhlak mulia, teladan
c.Kompetensi Profesional
Menguasai materi
secara luas dan mendalam
d.Kompetensi Sosial
Berkomunikasi secara
efektif dengan peserta didik, pendidik, orang tua, masyarakat
|
7.
|
Belajar bermakna dari Ausubel
a. Konsep/ide diberikan kepada
siswa jauh sebelum materi sesungguhnya diberikan
b. Pengembangan konsep dimulai
dari yang umum sampai ke yang khusus
c. Memajukan persamaan dan
perbedaan antara materi baru dengan materi yang telah
diajarkan sebelumnya
d. Memberikan pemantapan atas
materi pelajaran yang telah diberikan untuk memu
dahkan siswa memahami
materi berikutnya
|
8.
|
Kode Etik Guru : (3 jawaban)
a. Guru berbakti membimbing
peserta didik untuk membentuk manusia Indonesia seu-
tuhnya yang berjiwa
Pancasila
b. Guru memiliki dan melaksanakan
kejujuran professional
c. Guru berusaha memperoleh
informasi tentang peserta didik sebagai bahan melakukan
bimbingan dan pembinaan
d. Guru menciptakan suasana
sekolah sebaik-baiknya menunjang berhasilnya PBM
e. Guru memelihara hubungan baik
dengan orang tua dan masyarakat
f. Guru secara pribadi dan
bersama-sama mengembangkan dan meningkatkan mutu
dan martabat
g. Guru memelihara hubungan
profesi , semangat kekeluargaan dan kesetiakawanan
sosial
h. Guru meningkatkan mutu
organisasi PGRI sebagai sarana perjuangan dan pengabdian
i. Guru melaksanakan segala
kebijaksanaan pemerintah dalam bidang pendidikan
|
9.
|
Prinsip Profesional (5 jawaban)
a. Memiliki bakat, minat,
panggilan jiwa, idealism
b. Komitmen meningkatkan mutu
c. Kualifikasi akademik dan latar
belakang pendidikan yang sesuai
d. Kompetensi yang diperlukan
e. Tanggungjawab dalam
melaksanakan tugas
f. Penghasilan yang sesuai
g. Kesempatan mengembangkan
profesi
h. Jaminana perlindungan hokum
i. Memiliki organisasi
profesi
|
10.
|
Ciri pembelajaran tematik (5
jawaban)
a. Berpusat pada siswa
b. Memberikan pengalaman
langsung pada siswa
c. Pemisahan antara mata
pelajaran tidak begitu jelas
d. Menyajikan konsep dari
berbagai mata pelajaran dalam PBM
e. Bersifat fleksibel
f. Hasil pembelajaran
berkembang sesuai minat dan kebutuhan siswa
|
Paket 2
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas
dan lengkap !
1. a. Jelaskan pengertian kurikulum menurut UU
nomor 20 tahun 2003 !
b. Jelaskan pengertian KBK !
2. a.
Jelaskan perbedaan antara Visi, Misi dan Tujuan sekolah !
b. Jelaskan cara-cara merumuskan visi
sekolah !
3. a.
Jelaskan yang dimaksud dengan MBE !
b. Sebutkan 3 cakupan MBE !
4. Salah satu upaya pemerintah dalam
mmeningkatkan mutu pendidikan adalah melalui MBS. Sebutkan prinsip-prinsip
pelaksanaan MBS !
5.
a. Apakah kompetensi itu ?
b.
Sebutkan 4 kompetensi guru sebagai agen pembelajaran menurut PP nomor 19
tahun 2005 !
6. a.
Jelaskan yang dimaksud dengan kecakapan hidup (life skill) !
b. Sebutkan jenis-jenis kecakapan hidup !
7. Dengan memasuki abad ke-21 pendidikan
harus mampu mengarahkan siswa agar dapat hidup dalam situasi yang baru yang
muncul dalam diri dan lingkungannya. Kemampuan tersebut dilakukan sebagai pilar
pendidikan. Sebutkan 4 pilar pendidikan menurut UNESCO !
8. a.
Jelaskan yang dimaksud dengan CTL !
b. Sebutkan strategi pembelajaran yang
menggunakan pendekatan CTL !
9.
Sebutkan kompetensi lulusan sekolah dasar !
10.
Sebutkan prinsip-prinsip profesionalitas guru menurut UU nomor 14 tahun 2005 !
Kunci Jawaban :
1. a. Kurikulum adalah seperangkat rencana
dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan
kegiatan pembelajaran untuk men capai
tujuan pendidikan tertentu (pasal 1 UU nomor 20 tahun 2003)
b. Kurikulum Berbasis Kompetensi
adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai kompetensi dan hasil belajar yang harus dicapai siswa,
KBM, penilaian dan pemberdayaan sumber daya pendidik dalam pengembangan kurikulum sekolah
2. a.Visi adalah pandangan jauh ke depan/
gambaran masa depan sekolah/ wawasan yang menjadi sumber arahan bagi sekolah.
Misi adalah tindakan untuk merealisasikan visi tersebut.
Tujuan sekolah adalah penjabaran misi, sesuatu yang akan dicapai dan
kapan akan dicapai/ penjabaran operasional jangka pendek
b. Cara merumuskan visi sekolah
1). Pelajari visi pendidikan nasional,
dinas pendidikan propinsi, dinas pendidikan kabupaten
2). Berdasarkan visi tersebut dirumuskan
visi sekolah
3. a.
MBE (Managing Basic Education) merupakan program kerjasama pemerintah dengan berbagai pihak (Unesco, Unicef, IAP, AusAID, USAID, dll yang
bertujuan memberdayakan pemerintah daerah agar lebih peduli dengan pendidikan
b. Cakupan program MBE
adalah : 1. MBS, 2. PAKEM, 3. PSM
4. Prinsip-prinsip pelaksanaan MBS
a.
Fokus pada mutu
b.
Perencanaan dari bawah dalam pengambilan keputusan
c.
Manajemen transparansi
d.
Pemberdayaan masyarakat
e.
Peningkatan mutu yang berkelanjutan
ATAU
a.
keterbukaan f. demokratis
b.
kebersamaan g. kemandirian sekolah
c.
keberlanjutan h. orientasi
pada mutu
d.
menyeluruh i. peran serta masyarakat
e.
akuntabilitas j. pendidikan untuk semua
5.a. Kompetensi adalah
pengetahuan, ketrampilan, sikap/nilai-nilai dasar yang direfleksikan/
diwujudkan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak
b. Kompetensi guru sebagai agen pembelajaran
Kompetensi pedagogik, professional,
kepribadian dan kompetensi sosial
6.a. Life skill adalah kecakapan yang dimiliki
seseorang untuk berani menghadapi problema hidup dan
kehidupan dengan wajar tanpa tertekan,
proaktif dan kreatif menemukan solusi sehingga mampu
mengatasinya
b. Kecakapan hidup meliputi kecakapan hidup
generic dan spesifik
1). Kecakapan hidup generic meliputi
kecakapan personal dan sosial
2). Kecakapan hidup spesifik meliputi
kecakapan akademik dan vokasional
7. Empat pilar pendidikan (Unesco)
a. Learning to know (belajar untuk mengetahui,
memahami)
Belajar, bagaimana
cara belajar sehingga dapat memberkali ilmu pengetahuan kepada siswa sebanyak-
banyaknya
b. Learning to do (belajar melakukan)
Belajar melalui kegiatan tangan, berkomunikasi8, merumuskan,
menganalisis, memecahkan masalah dan lain-lain
c. Learning to life together (belajar hidup
dalam kebersamaan)
Belajar untuk menyadari bahwa hidup perlu bekerjasama saling menghargai,
menerima perbedaan saling pengertian dll
d. Learning to be (belajar menjadi)
Pendidikan harus mampu memberikan kontribusi dalam pengembangan diri
seutuhnya pada setiap jiwa raga, kecerdasan, sensitivitas, apresiasi estetis
dan spiritualitas
8. a.
CTL (Contekstual Teaching an Learning)
Konsep pembelajaran yang membantu guru mengaitkan antara
materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong membuat hubungan antara pengetahuan yang
dimiliki dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari
b. Strategi CTL
1). Pembelajaran otentik
2). Pembelajaran inkuiri
3). Berbasis masalah (problem solving)
4). pembelajaran layanan
5) berbasis kerja
9. Kompetensi lulusan SD
a. Mengenali dan berperilaku sesuai dengan
ajaran agama yang diyakini
b.Mengenali
dan menjalankan hak dan kewajiban diri, beretos kerja dan peduli terhadap
lingkungan
c. Berpikir logis, kritis dan kreatif
serta berkomunikasi melalui berbagai media
d. Menyenangi keindahan
e. Membiasakan diri hidup bersih, bugar
dan sehat
f.
Memiliki rasa bangga dan cinta terhadap bangsa dan tanah air
10. Prinsip-prinsip profesionalitas guru menurut
UU nomor 14 tahun 2005
a. Memiliki bakat, minat, panggilan jiwa
dan idealism
b. Memiliki komitmen meningkatkan mutu
pendidikan, keimanan, ketaqwaan dan akhlak mulia
c. Memiliki kualitas akademik dan latar
belakang pendidikan sesuai bidang tugasnya
d. Memiliki kompetensi yang diperlukan
sesuai dengan bidang tugasnya
e. Memiliki tanggungjawab atas
pelaksanaan tugas keprofesionalan
f.
Memperoleh penghasilan yang ditentukan sesuai dengan prestasi kerja
g. Memiliki kesempatan mengembangkan
keprofesionalan secara berkelanjutan dengan belajar
sepanjang hayat
h. Memiliki jaminan perlindungan hukum
dalam pelaksanaan tugas profesionalan
i. Memiliki organisasi profesi yang mempunyai kewenangan mengatur
hal-hal yang berkaitan dengan tugas professional guru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan