Sabtu, 31 Oktober 2015

MAKALAH TUGAS DAN KEWAJIBAN MANUSIA DI BUMI





TUGAS DAN KEWAJIBAN MANUSIA
DI BUMI

Manusia hidup di muka bumi ini memiliki kewajiban-kewajiban yang wajib dipenuhi. Dan bahkan harus berjuang untuk melakukan kewajibannya agar terpenuhi kebutuhannya sendiri dan kebutuhan orang lain.
Selain sebagai makhluk individu, manusia juga sebagai makhluk tuhan dan makhluk sosial. Sehingga dalam upaya-upayanya, setiap manusia menyadari bahwa ada kekuatan lain yang ikut menentukan dan membantunya yaitu kekuasaan tuhan. Dengan demikian kewajiban manusia dapat dibagi menjadi 3 bagian secara umum, yaitu kewajibannya sebagai makhluk tuhan, makhluk individu, dan makhluk sosial. Hubungan manusia dengan tuhan dapat berlaku vertikal namun bernuansa horisontal, begitu juga hubungan manusia dengan sesamanya atau berlaku horisontal namun juga bernuansa vertikal.
Berikut 3 kewajiban manusia dimuka bumi :

A.    Kewajiban Manusia Sebagai Makhluk Tuhan
Manusia diciptakan Tuhan Yang Maha Kuasa di muka bumi ini sebagai makhluk yang paling sempurna dibandingkan dengan makhluk lain. Melalui kesempurnaannya itu manusia bisa berpikir, bertindak, berusaha, dan bisa menentukan mana yang benar dan baik. Di sisi lain, manusia meyakini bahwa dia memiliki keterbatasan dan kekurangan. Mereka yakin ada kekuatan lain, yaitu Tuhan Sang Pencipta Alam Semesta. Oleh sebab itu, sudah menjadi fitrah manusia jika manusia mempercayai adanya Sang Maha Pencipta yang mengatur seluruh sistem kehidupan di muka bumi.
Dalam kehidupannya, manusia tidak bisa meninggalkan unsur Ketuhanan. Manusia selalu ingin mencari sesuatu yang sempurna. Dan sesuatu yang sempurna tersebut adalah Tuhan. Hal itu merupakan fitrah manusia yang diciptakan dengan tujuan untuk beribadah kepada Tuhannya.
Oleh karena fitrah manusia yang diciptakan dengan tujuan beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa, untuk beribadah kepada Tuhan pun diperlukan suatu ilmu. Ilmu tersebut diperoleh melalui pendidikan. Dengan pendidikan, manusia dapat mengenal siapa Tuhannya. Dengan pendidikan pula manusia dapat mengerti bagaimana cara beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Melalui sebuah pendidikan yang tepat, manusia akan menjadi makhluk yang dapat mengerti bagaimana seharusnya yang dilakukan sebagai seorang makhluk Tuhan. Manusia dapat mengembangkan pola pikirnya untuk dapat mempelajari tanda-tanda kebesaran Tuhan baik yang tersirat ataupun dengan jelas tersurat dalam lingkungan sehari-hari.
Adapun kewajiban manusia kepada tuhan adalah sebagai berikut :
1.      Beribadah kepada Tuhan sesuai dengan kepercayaannya
2.      Menjalankan semua perintah dan menjauhi larangan agama yang dianut
3.      Selalu bersyukur kepada Tuhan atas segala nikmat dan karunia yang didapatnya
4.      Selalu menginstropeksi diri agar menjadi lebih baik
5.      Menjaga bumi dan ciptaaNya dan tidak merusaknya
6.      Menghargai kepercayaan dan agama orang lain

B.     Manusia Sebagai Mahluk Individu
Individu berasal dari kata latin “individuum” artinya yang tidak terbagi, maka kata individu merupakan sebutan yang dapat digunakan untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil dan terbatas. Kata individu bukan berarti manusia sebagai suatu keseluruhan yang tak dapat dibagi, melainkan sebagai kesatuan yang terbatas yaitu sebagai manusia perseorangan. Istilah individu dalam kaitannya dengan pembicaraan mengenai keluarga dan masyarakat manusia, dapat pula diartikan sebagai manusia.
Dalam pandangan psikologi sosial, manusia itu disebut individu bila pola tingkah lakunya bersifat spesifik dirinya dan bukan lagi mengikuti pola tingkah laku umum. Ini berarti bahwa individu adalah seorang manusia yang tidak hanya memiliki peranan-peranan yang khas didalam lingkungan sosialnya, melainkan juga mempunyai kepribadian serta pola tingkah laku spesifik dirinya. Didalam suatu kerumunan massa manusia cenderung menyingkirkan individualitasnya, karena tingkah laku yang ditampilkannya hampir identik dengan tingkah laku masa.
Sebagai makhluk individu, manusia setidaknya memenuhi 3 potensi dalam dirinya sehingga mampu menjadi makhluk yang sempurna sesuai dengan fitrah penciptaanya. Manusia harus mau memenuhi IQ nya, yaitu akal pikirannya dengan ilmu pengetahuan yang bermanfaat, kemudian memenuhi Psikologisnya dengan nila-nilai dan muatan-muatan norma yang positif dalam hidupnya dan budaya masyarakat dimana dirinnya tinggal, kemudian memenuhi potensi Spiritualitasnya atau jiwanya dengan nilai-nilai agama yang dianutnya dengan sungguh-sungguh.
Secara spesifik dibawah ini adalah beberapa kewajiban manusia sebagai makhluk individu:
1.      Selalu bersih, rapi, sehat, dan kuat
2.      Berhati nurani yang bersih
3.      Memiliki semangat hidup yang tinggi
4.      Memiliki prinsip hidup yang tangguh
5.      Memiliki cita-cita yang tinggi
6.      Kreatif dan gesit dalam memanfaatkan potensi alam
7.      Berjiwa besar dan penuh optimis
8.      Mengembangkan rasa perikemanusiaan
9.      Selalu berniat baik dalam hati
10.  Menghindari sikap statis, pesimis, pasif, maupun egois
11.  Mampu hidup mandiri
12.  Harus mampu mempertanggungjawabkan perbuatannya
13.  Selalu belajar dan memenuhi diri dengan ilmu pengetahuan



C.    Manusia Sebagai Makhluk Sosial
Manusia adalah makhluk yang selalu berinteraksi dengan sesamanya. Manusia tidak dapat mencapai apa yang diinginkan dengan dirinya sendiri. Sebagai makhluk sosial karena manusia menjalankan peranannya dengan menggunakan simbol untuk mengkomunikasikan pemikiran dan perasaanya. Manusia tidak dapat menyadari individualitas, kecuali melalui medium kehidupan sosial.
Esensi manusia sebagai makhluk sosial pada dasarnya adalah kesadaran manusia tentang status dan posisi dirinya adalah kehidupan bersama, serta bagaimana tanggungjawab dan kewajibannya di dalam kebersamaan.
Oleh karena itu kewajiban manusia sebagai makhluk sosial adalah :
1.    Bisa menghargai orang lain
2.    Saling tolong menolong dengan sesama
3.    Sadar bahwa diri ini sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan
4.    Berlaku adil dan jujur dalam masyarakat
5.    Mampu menciptakan suasana damai dan sejahtera di mana tempat dirinya tinggal
6.    Siap berinteraksi dengan orang lain tanpa memandang unsur SARA
7.    Menjaga hubungan baik antara sesama manusia dan makhluk Tuhan yang lain
8.    Tidak membuat kerusakan dimuka bumi


DAFTAR PUSTAKA

arifalmaydhani.blogspot.com/2014/05/tugas-dan-kewajiban-manusia.html
http://wirawiriwae.blogspot.com/2013/03/kewajiban-manusia-sebagai-makhluk.html

1 komentar:

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan